Kamis, 14 April 2011

cakra

Pengertian cakra ilahi

Setelah mempelajari Reiki Anda telah mengenal berbagai cakra di tubuh mulai dari cakra dasar sampai cakra mahkota. Energi Reiki sendiri diakses dari cakra mahkota, yang merupakan cakra tertinggi dari tubuh manusia. Energi yang diakses dari cakra mahkota ini biasa disebut sebagai energi ilahiah, karena energi ini telah terprogramkan oleh jiwa yang lebih tinggi, dan memiliki kecerdasan dalam arti bila disalurkan energi tersebut akan bekerja secara otomatis tanpa memerlukan arahan dari yang menyalurkannya. Cakra-cakra yang Anda kenal selama ini adalah cakra standar pada manusia. Sebenarnya di atas cakra mahkota masih ada cakra-cakra lainnya, yang biasa disebut sebagai cakra Ilahi.

Di atas cakra mahkota terdapat cakra ke 8, cakra ini merupakan cakra yang berbeda untuk tiap orang. Baru setelah cakra ke 9 dan seterusnya, merupakan cakra yang sama untuk semua orang. Secara mikro cakra-cakra ilahi ini seperti bertumpuk, di atas cakra 8 terdapat cakra 9, di atas cakra 9 ada cakra 10, dan seterusnya. Secara makro cakra yang lebih tinggi melingkupi cakra di bawahnya.

Nama cakra ilahi saya gunakan sebagai nama generik untuk teknik yang saya kembangkan, dan setiap orang yang berminat bisa belajar secara gratis.

Energi Cakra Ilahi

Energi dari cakra ilahi bila dirasakan terasa sejuk, lebih sejuk dari energi lainnya. Getarannya juga sangat tinggi, sehingga terasa begitu halus. Tentu saja dengan semakin tinggi cakra ilahi maka semakin tinggi energi yang dapat di akses. Energi dari cakra ilahi bisa diaplikasikan untuk penyembuhan, pembersihan dan juga perlindungan.

Dalam penyembuhan karena daya tembusnya yang tinggi, bisa saja dilakukan penyambuhan hanya dengan satu posisi tangan. Dalam penyembuhan pun bisa digunakan simbol Reiki yang telah Anda miliki.

Manfaat Cakra Ilahi

Manfaat mempelajari cakra Ilahi diantaranya adalah:

terbuka akses ke energi yang lebih tinggi
meningkatkan kesehatan
meningkatkan getaran (vibrasi) tubuh
meningkatkan kesadaran (kesadaran akan kebesaran Allah dan kesadaran akan arti hidup)

Attunement Cakra Ilahi

Dalam teknik cakra ilahi attunement diberikan oleh Master Cakra Ilahi. Dalam attunement dilakukan pengaktifan dan pembukaan cakra yang bersangkutan, serta membuka dan membersihkan jalur antara cakra ilahi tersebut dengan cakra di bawahnya dan menyelaraskan geteran energi praktisi dengan getaran energi cakra ilahi yang diattune-kan.

Di Indonesia pertama kali teknik pengaktifan cakra Ilahi diperkenalkan secara luas oleh Master Irmansyah Effendi dengan nama Shing Chi. Kemudian juga banyak Master lain yang memperkenalkan teknik pengaktifan cakra ilahi ini dengan nama yang berbeda. Saya sebelumnya pernah mendapatkan attunement Ascension Reiki hingga tingkat 9. Kemudian saya mendapatkan attunement dari Master Ferizal Syukur, dari cakra 8 sampai dengan cakra 11. Setelah itu saya mendapatkan attunement dari cakra 8 sampai dengan 15 dari Master Yulius Eka (terima kasih untuk seluruh guru saya). Selain dengan proses attunement ada juga yang membuka cakra ilahi mereka dengan energi kundalini, ini bisa terjadi jika inti kundalini telah mencapai mahkota.

Banyak hal menarik dalam cakra ilahi ini, dari pengalaman saya setelah cakra 15 menyatu sempurna, kita akan bertemu dengan pribadi tinggi (guru sejati) dan akan mengetahui cara memberikan attunement untuk cakra ilahi ini. Dari pengamatan saya waktu yang dibutuhkan untuk menyatukan cakra 8 sampai dengan 15 ke cakra jantung secara sempurna, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 bulan, asalkan Anda rajin berlatih. Jadi tidak memerlukan waktu sampai berbulan-bulan untuk menyatukan secara sempurna satu cakra Ilahi.

Teknik Cakra Ilahi

Dalam cakra ilahi terdapat beberapa teknik, yang utama adalah teknik penyembuhan dan meditasi. Anda juga bila berminat bisa menggunakan teknik perlindungan dengan cakra ilahi.

Teknik yang ditekankan adalah meditasi. Karena dengan meditasi seluruh cakra, lapisan tubuh, organ sampai sel dan seluruh nadi akan dibersihkan, dengan menggunakan energi cakra ilahi. Serta dalam meditasi, kundalini dibantu dan disempurnakan prosesnya.

Semakin rajin melakukan meditasi maka akan semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk menyatukan cakra-cakra ilahi.

Tingkatan cakra ilahi

Dalam cakra ilahi terdapat beberapa tingkat, yaitu:

tingkat 1, membuka cakra 8 sampai dengan 25
tingkat 2, membuka cakra 26 sampai dengan 50
tingkat 3, membuka cakra 51 sampai dengan 75
tingkat 4, membuka cakra 76 sampai dengan 100, dan seterusnya.

Simbol

Di dalam prakteknya cakra ilahi tidak memerlukan simbol, pengaktifan dan penurunan cakra cukup dilakukan dengan afirmasi. Dari pengamatan saya, menurunkan cakra dengan simbol atau dengan afirmasi hasilnya sama. Simbol sendiri sebenarnya merupakan perwakilan dari niat (afirmasi), misalnya cho ku rei untuk memberikan energi (power). Sehingga untuk praktek cakra ilahi, niat (afirmasi) saja cukup untuk menurunkan cakra.

Satu Persatu vs Sekaligus

Mungkin Anda akan bertanya, mana bisa cakra ilahi diattune-kan secara sekaligus, apakah tidak akan berakibat negatif bagi yang menerima attunement?

Energi cakra ilahi memang sangat kuat, bila diattune-kan sekaligus begitu saja pastilah penerima tidak akan kuat. Tapi dalam attunement cakra ilahi walaupun cakra yang dibuka banyak, tidak akan berakibat negatif, karena praktisi yang menerima attunement diberikan bantuan, sehingga akan kuat menerima attunement.

Memang sebagian besar Master mengharuskan attunement bertahap untuk tiap cakra. Tidak ada yang salah di antara yang sekaligus atau bertahap dalam attunement cakra ilahi, semuanya benar. Setiap orang akan mendapatkan yang terbaik bagi dirinya masing-masing.

Dari pengamatan saya dengan attunement secara sekaligus akan sangat membantu pada saat meditasi. Energi cakra-cakra yang lebih tinggi akan membantu mempercepat penyatuan cakra dibawahnya dan membersihkan seluruh tubuh dengan lebih efektif. Sehingga akan didapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Hasil yang Dicapai

Dengan berlatih secara rajin, minimal diharapkan cakra 15 akan menyatu dengan sempurna dalam waktu yang singkat. Dengan menyatunya cakra 15 praktisi akan dapat mengakses kesadaran yang lebih tinggi, bertemu pribadi tinggi atau guru sejati, dan akan meningkat kesadarannya dan memulai perjalanan selanjutnya.


Harmonise our self and makes a better world.

  • About
  • Meditasi
  • Harmony
  • Energy


Meditasi: Membuka Chakra Hati

Cukup banyak komentar dan pertanyaan yang masuk pada artikel awal Meditasi membuka chakra mahkota yang menanyakan langkah berikutnya.
( http://www.nagakanya.com/2008/04/06/cakra-mahkota/ )
Maaf kalau baru sekarang saya sempat membuat artikel lanjutannya.
Pertama yang ingin saya tekankan adalah, ketika melakukan meditasi jangan terburu-buru.  Meditasi adalah olah Kesadaran dan Rasa, begitu banyak teknik meditasi yang dapat dipelajari dan semua berujung pada olah Kesadaran dan Rasa. Ambisi dan ke tidak-tekunan dalam bermeditasi dapat menghambat perkembangan spiritual praktisinya.
Sekarang saya berikan teknik lanjutan dari Meditasi Membuka Chakra Mahkota, yaitu membuka cakra hati. Dalam melakukan teknik ini sebaiknya anda berada sendiri diruang yang tenang dan tertutup serta tidak terganggu selama prosesnya.
Sebelum mulai bermeditasi lepaskan semua ambisi, semua niat pencapaian dan yang ada hanya pasrah, pasrah dengan apapun yang akan anda dapatkan dan jalani dalam kehidupan ini, yakin bahwa melalui meditasi praktisi dapat mencapai kesadaran diri yang lebih baik / tinggi sehingga dapat memperbaiki diri serta memahami makna kehidupan.
Lakukan doa / affirmasi dalam hati yang kurang lebih sebagai berikut :
“Ya Tuhan ijinkanlah saya untuk mengikuti serta mempelajari ajaran-Mu agar hati dan pikiran saya dapat menjadi lebih bersih, leburlah segala sesuatu didalam maupun diluar diri hamba yang dapat menghalangi ajaran-Mu”
Setelah itu mulailah dengan teknik Membuka Chakra Mahkota, lakukan selama kurang lebih 5-10 menit dan kemudian visualisasikan Cahaya Suci Matahari yang terang memasuki kepala anda secara perlahan hingga keujung kaki, tidak satu pun bagian tubuh anda yang terlewatkan. Visualisasikan cahaya suci matahari memasuki tubuh menekan keluar semua kotoran, energi negatif, pikiran buruk, dendam, benci, rasa iri hati dll, cahaya menekan dari dalam keluar tubuh dan membawa keluar semua energi negatif dan hal-hal diatas keluar dari setiap pori-pori tubuh, visualisasikan semuah hal negatif dengan bintik / noda hitam yang terdesak keluar tubuh dan kemudian terbakar oleh cahaya suci matahari sehingga menjadi asap diluar tubuh.
Teknik lainnya adalah ketika kotoran / energi negatif terdesak keluar lalu dikumpulkan menjadi satu dan kemudian masuk kelaut, hilang ditelan ombak besar.
Lakukan teknik ini selama kurang lebih 30 menit dan lanjutkan secara rutin setiap hari  selama kurang lebih 4 minggu.
Visualisasikan tubuh semakin bersih dan suci dari waktu ke waktu, dan visualisasikan tubuh memancarkan cahaya putih terang benderang melalui setiap pori-pori tubuh.
Setelah 4 minggu pertama selesai lanjutkan dengan teknik membuka cakra hati dengan cara memvisualisasikan bola inti matahari (sebesar bola pingpong atau lebh kecil)  keluar dari matahari diatas kepala dan masuk melalui kepala ketengah dada. Memancar sebentar lalu meledak dan memancarkan sinar putih yang terang benderang dari dada depan dan belakang, pancarannya begitu terang dan jauh sejauh yang dapat anda bayangkan. Untuk awalnya bayangkan cahaya memancar memenuhi ruangan, lama kelamaan memenuhi seluruh rumah, dan kemudian memancar hingga keluar lingkungan dan kemudian pancaran itu begitu jauh dan intens hingga kebumi.
Lakukan ini selama kurang lebih 4 minggu selanjutnya.
Setelah selesai melakukan meditasi tutup dengan doa / affirmasi :
“Ya Tuhan sang pencipta semesta alam, terima kasih atas segala bimbingan dan penyertaan-Mu, semoga apa yang saya pelajari dapat berguna bagi diri dan orang disekitar saya, terima kasih 3x”
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar